Tutorial Terbaru Cara Membuat Blog Di Blogger

Tutorial Terbaru Cara Membuat Blog Di Blogger

Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis Di Blogspot?

Blog merupakan sigkatan dari “Web log” adalah salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Tulisan-tulisan tersebut seringkali diurut dari yang terbaru dan diikuti oleh yang lama.
 

Pada awalnya, blog dibuat adalah sebagai catatan pribadi yang disimpan secara online, namun kini isi dari sebuah blog sangat bervariatif ada yang berisi tutorial ( contoh blog ini ), curhat, bisnis dan lain sebagainya. Secara umum, blog tidak ada bedanya dengan website pada umumnya yang ada di internet.
 
Flatform blog atau seringkali disebut dengan mesin blog dibuat sedemikian rupa oleh para designer/programer penyedia blog agar mudah untuk digunakan. Dulu, untuk membuat aplikasi web diperlukan pengetahuan tentang pemrograman HTML, PHP, CSS dan lain sebagainya, dengan blog semuanya menjadi mudah semudah menyebut angka 1 2 3.

Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogspot atau blogger. dimana ketika mendaptar adalah melalui situs blogger.com namun nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh : ddsobirin.blogspot.com

Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya? 

Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. 

Beberapa contoh kelebihan blogger di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan caramembuatwebsitepemula.blogspot.com di ubah menjadi caramembuatwebsitepemula.com.  

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda harus memiliki alamat email gmail. Jadi bagi anda yang mau membuat blog silahkan membuat dulu Akun Email Gmail seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Email Gmail Terbaru 2015.

Jika sudah punya akun email gmailnya mari kita lanjutkan pembahasannya tentang Tutorial Terbaru Cara Membuat Blog Di Blogger. Berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com.
2. Silahkan Login dengan menggunakan akun email gmail anda :
Cara Membuat Blog Menggunakan Gmail
Login Ke Blogger Menggunakan Gmail
  • Masukkan Akun Email Gmail Anda.
  • Masukkan Passwordnya.
  • Kemudian Klik Sign in.





3. Maka akan terbuka halaman baru seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, silahkan di klik saja "Lanjutkan Ke Blogger".
Halaman Untuk Membuat Blog di Blogge
Lanjutkan Ke Blogger

4. Nah selanjutnya akan terbuka lagi halaman baru, dan silahkan klik saja "Blog Baru", seperti yang saya kasih tanda panah merah pada gambar di bawah ini :
Cara Membuat Blog Gratis Di Blogspot
Buat Blog Baru Di Blogger

5. Isilah formulir yang ada sesuai yangg anda inginkan :
  1. Judul : Isi dengan judul blog yang di inginkan, misal : Coretan sang penghayal
  2. Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan. Ingat! Alamat ini tidak dapat di edit kembali setelah dibuat, apabila anda ingin serius, maka pilihlah nama yang benar-benar anda inginkan.
  3. Alamat Blog Ini Tersedia : ini menandakan bahwa nama blog yang di beri tanda centang ini bisa di gunakan yang nantinya akan menjadi nama bog anda.
  4. Template : pilih template (tampilan blog) yang disukai (ini dapat ganti kembali).
  5. Lanjutkan dengan klik tombol Buat blog”.
Buat Blog Gratis Di Blogspot
Buat Blog Gratis Di Blogspot

6. Nah, sekarang Untuk menghindari spam filter, sebaiknya anda langsung saja posting sembarang saja. Kemudian Klik tulisan “Mulai mengeposkan”. 
Mulailah Mengeposkan Sebuah Postingan Pertama Di Blogger
Mulai Mengeposkan Artikel Di Blog


7. Silahkan Tulislah sebuah postingan pertama anda di blognya, dengan cara :
  1. Isi Judul Untuk Postingan Blog Anda.
  2. Tulislah sebuah tulisan karya anda sendiri di area penulisan blognya.
  3. Bila sudah selesai menulis postingannya, silahkan lanjutkan dengan mengklik "Publikasikan".
Halaman Untuk Penulisan Sebuah Artikel Di Blogger
Tulislah Sebuah Postingan Pertama Di Blog Untuk Menghindari Spam Filter

8. Nah hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini, di mana hasil postingan pertama anda akan tertulis jelas judul postingannya di dalam dashboard blog anda. Untuk Melihat hasilnya, silahkan di klik saja "Lihat Blog".
Halaman Postingan Pertama Di Blog Telah Berhasil Dibuat
Postingan Pertama Blog Telah Sukses Di Publikasikan

 
9. Tadaaa.... Selamat anda telah berhasil Membuat Blog Gratis di Blogspot.
Blog Baru Di Blogger Telah Sukses Dibuat.
Cara Membuat Blog Gratis Di Blogspot Telah Selesi Dibuat
 
10. Selesai.  

Kini blog anda telah tercipta dan dapat di buka di berbagai belahan dunia. Umumkan pada teman-teman anda bahwa anda kini telah mempunyai blog.

OK... hanya itu saja dulu yang bisa saya share, kalau ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentarnya. Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca artikelnya, Semoga bermanfaat bagi anda, khusus sekali buat blogger pemula banget. Dan jangan lupa bila anda sudah jago nge-blog monngo ikuti kontes SEO  jualpulsa.com Jual Pulsa Online Murah Terpercaya

Demikianlah artikel yang bisa saya tulis tentang Tutorial Terbaru Cara Membuat Blog Di Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
February 25, 2015 at 11:51 AM delete

Ayo ikutan Kontes SEO http://caramembuatwebsitepemula.com/jualpulsa-com-jual-pulsa/

Reply
avatar
March 4, 2015 at 4:16 PM delete

ALHAMDULILLAAH... Menang Juara 3 nih ayo ikutan lagi di kontes SEO http://caramembuatwebsitepemula.com/web-hosting-murah/

Reply
avatar